Apa itu skamper??apa hubungannya dengan kreatifitas???
SKAMPER merupakan suatu metodologi dalam desain dan proses kreatifitas.S.K.A.M.P.E.R. adalah Subsitusi,Kombinasi,Adaptasi,Modifikasi,Penggunaan Lain,Eliminasi dan Reverse.
Saya akan mencoba menjelaskan SKAMPER tersebut dan saya mengambil benda sebagai contoh yaitu rak pensil.
Substitusi
adalah penggantian elemen - elemen pada benda sehingga terlihat unik dan menarik,sebagai contoh dalam rak pensil adalah bahannya yang biasanya dari plastik kita bisa merubahnya dari kayu atau metal.
Kombinasi
adalah penggabungan suatu benda dengan benda lain yang memiliki fungsi berbeda contihnya pada rak pensil ,kita bisa menggabungkan rak pensil dengan frame foto.
Adaptasi
adalah mengadaptasi atau meniru fungsi dari benda lain ke rak pensil misalnya mengadaptasi dari sistem bongkar pasang permainan lego dan diterapkan pada rak pensil sehingga kita bisa bingkat pasang rak tersebut dan menghasilkan bentuk yang kita inginkan.
Modifikasi
adalah melakukan perubahan pada fungsi - fungsi benda itu sendiri contohnya pada rak pensil kita bisa merubahnya dengan menambahkan sistem laci.
Penggunaan lain
adalah menambahkan fungsi lain terhadap benda.Comtoh pada rak pensil kita bisa menambahakan tempat lilin atau lainnya pada rak pensil.
Eliminasi
adalah penguragan bagian - bagian tertentu pada benda.comtohnya kita bisa mengurangi bagian alasnya lalu digabung langsung dengan meja belajar
Reverse
adalah membuat benda dengan hal yang sangat bertolak belakang dengan benda tersebut dari biasanya.
Kamis, 14 Mei 2009
Kreativitas
Kreativitas adalah hasil pemikiran manusia yang menghasilkan sesuatu yang baru,berbeda, san bermanfaat bagi banyak orang.Krestivitas juga dinyatakan dengan keunikan yang diekspresikan ataupun ekspresi suatu keunikan seseorang.Kreativitas seseorang akan berkurang dengan bertambahnya usia atau bertambah dewasa.
Sebagai contoh anak- anak dapat menyebutkan banyak alternatif alat untuk menulis,sedangkan orang dewasa hanya akan terpaku dengan alat - alat tulis seperti biasanya yaitu pensil,ballpoint,dll. padahal alat - alat lain seperti paku, obeng,gunting,garpu,dll. pun bisa untuk menulis.
Hal itu dikarenakan orang dewasa terpaku oleh 1 asumsi,bahwa alat untuk menulis ya alat tukis saja padahal alat lainnya juga bisa untuk menulis.
Untuk bisa berpikir kreatif kita harus berpikit 'out of the box' dan selalu terus mencoba serta pantang menyerah.
Ciri - ciri orang kreatif adalah berani,ekspresif,humoris,dan selalu ingin tampil berbeda dengan lainnya.
Selain itu juga ada kendala - kendala yang membuat orang sulit untuk berpikir kreatif,yaitu :
1.orang dituntut menjawab benar
2.itu tidak logis
3.bertindak praktis
4.ikut aturan
5.bermain - main tanda ceroboh
6.keliru itu salah
7.saya tidak kreatif
Jadi untuk menjadi orang yang kreatif kita harus meminimalisir kendala - kendala tersebut dan berpikir 'out of the box'.
Sebagai contoh anak- anak dapat menyebutkan banyak alternatif alat untuk menulis,sedangkan orang dewasa hanya akan terpaku dengan alat - alat tulis seperti biasanya yaitu pensil,ballpoint,dll. padahal alat - alat lain seperti paku, obeng,gunting,garpu,dll. pun bisa untuk menulis.
Hal itu dikarenakan orang dewasa terpaku oleh 1 asumsi,bahwa alat untuk menulis ya alat tukis saja padahal alat lainnya juga bisa untuk menulis.
Untuk bisa berpikir kreatif kita harus berpikit 'out of the box' dan selalu terus mencoba serta pantang menyerah.
Ciri - ciri orang kreatif adalah berani,ekspresif,humoris,dan selalu ingin tampil berbeda dengan lainnya.
Selain itu juga ada kendala - kendala yang membuat orang sulit untuk berpikir kreatif,yaitu :
1.orang dituntut menjawab benar
2.itu tidak logis
3.bertindak praktis
4.ikut aturan
5.bermain - main tanda ceroboh
6.keliru itu salah
7.saya tidak kreatif
Jadi untuk menjadi orang yang kreatif kita harus meminimalisir kendala - kendala tersebut dan berpikir 'out of the box'.
Langganan:
Postingan (Atom)